Jenis pakan ayam kampung pedaging menurut umur


Jenis pakan ayam kampung pedaging menurut umur dibedakan menjadi :

1. Pakan Ayam Untuk Pre-Starter
Pre-sarter adalah jenis pakan ayam pertama yang diberikan saat ayam berusia atau berumur 1-7 hari.
2. Pakan Ayam Untuk Starter
Starter adalah pakan ayam ke dua yang diberikan saat ayam berusia atau berumur 8 - 21 hari
3. Pakan Ayam Untuk Finisher
Finisher adalah pakan ayam ke tiga yang diberikan saat ayam berusia atau berumur 22 hari - panen
Untuk untuk ayam kampung petelur dibagi menjadi beberapa jenis pula. Adapun jenis pakan ayam kampung petelur adalah sebagai berikut :
a. Pakan Ayam Untuk Pre-Starter
Pakan masa Pre-starter untuk ayam kampung petelur adalah umur 1 - 5 minggu. Pada umur tersebut pemberian yang baik menurut kami adalah pemberian secara tidak terbatas. Cara ini dimaksudkan agar ayam mendapat asupan yang optimal sesuai pertumbuhannya. Pola pemberian yang tidak terbatas pada usia DOC masih sangat sedikit. Pakan menggunakan jenis pre-starter berbentuk mash atau tepung (BR1 yang dihaluskan) agar mudah dicerna oleh anak ayam dan menggunakan wadah yang khusus.
b. Pakan Ayam Untuk Starter
Pakan pada masa Starter diberikan saat ayam kampung petelur berumur 5-10 minggu. Berbeda dengan cara pemberian pada DOC pemberian pada usia ini kami memberi pakan basah dan kering pada pagi hari. Dan kering pada sore hari. Jenis pakan umur ini menggunakan jenis starter dimana berbentuk butiran kecil atau scrumble.
c. Pakan Ayam Untuk Grower
Pakan ayam Grower diberikan saat ayam kampung petelur berumur 11-produksi telur pertama. Pakan diberikan pada wadah dan diatur pola makan yaitu 2x sehari yaitu pada pagi dan sore saja.

Pemberian pakan pada ayam dara menggunakan pakan finisher berupa campuran butiran (bijian) dan pelet.
d. Pakan Ayam Untuk Laying Phase
Pakan saat laying phase diberikan pada masa produksi telur hingga penurunan atau masa afkir. Pada ayam petelur (untuk telur tetas) kami menggunakan metode Mash Grain dan metode Prasmanan, dimana kelebihan ini dapat mencukupi kebutuhan ayam yang sedang bertelur. Karena ayam petelur atau sedang mengeram hanya makan 1x sehari yaitu rata-rata pada pukul 08.30 (pagi hari saja).
Dengan mengetahui jenis pakan ayam kampung di atas, peternak akan selektif memilih pakan ayam yang tepat untuk ternaknya. Peternak bisa mencampur dengan pakan ayam buatan dengan memperhatikan atau menguji tingkat keefektifan pakan ayam kampung.