Cara Beternak Kelinci Pedaging Rumahan


Cara beternak kelinci pedaging rumahan 
 

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis kelinci ini baik untuk skala kecil maupun untuk skala besar.beberapa faktor serta hal pertama yang wajib harus anda penuhi antara lain.

Berikut ini beberapa ciri-ciri kelinci sehat yang bagus untuk anda jadikan indukan kelinci baik mulai dari anakan maupun untuk kelinci dewasa.Yang pertama adalah lihat mata kelinci tersebut.kelinci sehat memiliki mata bersinar dan memiliki selaput bersih.Selain itu,mata kelinci juga terlihat bersinar bola matanya bersih tidak ada kotoran..
Untuk mata kelinci yang kurang sehat akan kelihatan berair,basah dan lengkat yang menandakan jika kelinci sedang terserang penyakit seperti bakteri,akibat debu da n kualitas kandang yang kurang terjaga kebersihannya..Selain itu,lihat bagian mulut dan hidungnya.kelinci sehat memiliki mulut dan hidung relatif bersih dan kering.nah untuk kelinci yang kurang sehat,akan terlihat lebih kotor berair yang menandakan jika kelinci sedang mengalami suatu penyakit kulit yang biasa menyerang pada bagian hidung kelinci.

Lihat juga di bagian telinganya.kelinci sehat memiliki telinga yang tidak terdapat bintik-bintik merah.nah jika pada bagian telinga kelinci tersebut kita temukan beberapa bintik-bintik merah,maka bisa di pastikan jika kelinci sedang mengalami penyakit kulit.dan hal ini kurang bagus jika untuk di jadikan indukan kusus untuk berternak.
Selain itu,perhatikan juga kedua telinganya,kelinci sakit kedua telinganya akan menurun lurus ke arah belakang.Kusus untuk kelinci dengan jenis lop,ciri ini tidak berlaku,sebab kelinci Lob memang memiliki telinga yang sedikit menjuntai ke bagian bawah.
Dan yang terahir adalah di bagian dubur kelinci tersebut.Kelinci sangat rentan terhadap penyakit diare dan mencret,jadi untuk mengetahui kesehatan sebuah kelinci,maka bisa menggunakan patokan dengan melihat dubur.
Bubur kelinci sehat lebih bersih dan kering tidak ada bercak kotoran dan lendir di bagian dubur kelinci tersebut.Kelinci yang sedang terserang diare dan mencret akan lebih kotor dan di tandai bagian dubur terlihat banyak bekas kotoran dan sedikit mengeluarkan lendir dengan bau busuk.