Pakan khusus untuk beternak kelinci


Pakan yang kita berikan akan berperan lebih besar jika kita bandingkan dengan persyaratan lainnya.sebab pakan berkualitas akan membuat kelinci lebih cepat besar dan mampu membuat reproduksi lebih unggul dan produktif.

Ada beberapa jenis pakan yang bisa anda pilih,antara lain,rumput segar,sayuran,pakan berupa biji-bijian dan pakan tambahan berupa konsentrat yang bisa kita racik sendiri sesuai yang di butuhkan.
Perlu di ketahui,pakan yang kita berikan harus segar setiap harinya,jangan di berikan kelinci dengan pakan layu dan sudah beberapa hari.hal ini kurang bagus untuk kesehatan kelinci peternak.Selain dari pakan rumput dan sayuran,pakan jenis lain misal biji-bijian juga bisa kita berikan.

Pakan berupa biji mampu membuat stamina kelinci lebih aktif untuk bergerak.selain itu,kasiat pakan biji juga bisa untuk membuat air susu kelinci mampu mengalir dengan deras kusus untuk indukan yang sedang menyusui anaknya,dan wajib untuk kita berikan ketika sang induk sedang bunting..
Sebelum biji kita berikan,akan lebih bagus jika kita haluskan terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk di cerna dengan cara bisa anda giling,blender atau tumbuk menjadi halus.Bisa juga biji tersebut kita rebus terlebih dahulu supaya lebih memiliki tekstur lembut yang mana akan lebih mudah kelinci untuk memakannya..



Tempat air minum bisa dengan botol yang di gantungkan
Untuk tata cara pemberian,kusus indukan perharinya pakan berupa biji bisa kita berikan antara 200 sampai 350 gram per ekor induk.jika kondisi sedang hamil dan menyusui anak,maka pemberian pakan biji bisa kita tambahan menjadi 350-500 gram perhari untuk memperlancar air susu.
Pakan berupa pelet juga banyak di perjual belikan,jika ada modal,malah akan lebih bagus,jika kelinci sesekali di berikan pakan jenis pelet ini.selain lebih praktis dan tidak mengotori kandang,pakan pelet juga memiliki kandungan gizi,protein yang lebih lengkap dan terjamin.
Jangan lupa untuk selalu memberikan air minum di dalam beternak kelinci.Wadah air minum yang kita berikan bisa dari bahan botol air mineral yang kita gantungkan di dalam kandang.manfaat dari mineral adalah mampu membantu pencernaan dan menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh kelinci.