Kriteria dan Tipe kandang ayam kampung

=====


Kandang ibarat rumah,jika rumah anda sempit,kotor bahkan bocor pasti anda merasa tidak nyaman,begitu juga dengan ayam kampung anda harus menyediakan kandang senyaman mungkin.Selain sebagai tempat tinggal kandang juga mempunyai fungsi sebagai pelindung dari cuaca (panas maupun hujan),gangguan manusia,predator yang dapat mengancam ayam tersebut.Kandang sangat diharapkan agar dapat memberikan kenyaman bagi ayam yang anda pelihara,agar bisa tumbuh kembang dengan baik dan memberikan hasil maksimal.Ada kandang ayam kampung yang harus anda penuhi ,memiliki kriteria sebagai berikut :

Kriteria Kandang Ayam Kampung yang Baik


 

============= ============== 1.Posisi kandang dibuat agak tinggi agar kandang tetap selalu dalam keadaan kering

2.Anda juga harus memperhatikan kelayakan kandang,kandang harus disesuaikan dengan luas tanah dan modal yang anda miliki.Selain itu ukuran kandang juga harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang dipelihara.Ushakan dibuat longgar jangan terlalu berdesak-desakan.

3.Letak dan arah kandang,letak kandang yang baik jauh dari keramaian dan aman dari predator.Arah kandang mnghadap ketimur maupun kebarat dengan tujuan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.Sinar matahari memiliki manfaat membantu metabolisme kalsium,sehingga kesehatan tulang tetap terjaga.

4.Untuk bagian dinding kandang bisa terbuat dari bambu maupun bahan lain.Ushakan jangan buat terlalu rapat ,agar sirkulasi udara dan sinar matahari bisa masuk.

5.Bagian atap anda bisa menggunakan terpal,asbes,seng,ijuk dll.Bahan tersbut tidak harus yang baru,anda bisa menggunakan yang bekas namun kondisinya masih baik.

6.Untuk bagian dasar lantai dibuat dari semen,lantai kandang dilapisi dengan serbuk gergaji,kapur maupun sekam padi.

7.Jangan lupa untuk memberikan ventilasi yang cukup pada kandang.Agar udara bisa keluar masuk dengan baik.

8.Perlengkapan kandang lainnya yang harus anda penuhi seperti tempat makan dan minum,lampu pijar.

 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung


Dalam pembuatan kandang ayam kampung paling tidak anda harus memenuhi kriteria-kriteria diatas .Dibawah ini akan saya jelaskan tipe kandang yang bisa anda gunakan untuk membudiayakan ayam kampung.Sesuaikanlah dengan lahan yang anda miliki.

1.Tipe Kandang Ayam Kampung Modern



Kandang terdiri dari dua komponen yaitu kadang indukan serta kandang tempat untuk bertelur ayam,dan kandang tempat pembesaran hingga panen.Untuk masalah ukurannya sendiri tergantung luas lahan dan jumlah ayam yang mau anda pelihara.Sebagai gambaran jika anda ingin memelihara 100 ekor membutuhkan luas kandang 150 meter persegi atau P X L = 5 m x 3 m.Kandang diatas harus membutuhkan lahan yang luas jika ingin menampung jumlah populasi ayam yang banyak.

2.Tipe Kandang Ayam Kampung Sistem Intensif






Jika ayam kampung tidak bekeliaran kemana-mana anda bisa terapkan sistem intensif.Pemeliharaan dengan cara ini mulai diterapkan oleh peternak ayam kampung skala rumahan dengan memanfaatkan lahan sempit dirumahnya.Keuntungan menerapkan kandang ini sangat efisien.Kandang dibuat bertingkat dan diusahakan mampu menampung banyak ayam.Jaga kandang tetap dalam keadaan bersih,agar ayam jauh dari penyakit.

3.Tipe Kandang Ayam Kampung Sederhana

Kandang Ternak Ayam Kampung Sederhana

Dengan sistem kandang sederhana ayam tidak mudah stres karena kandang didesain luas dan ayam bisa bergerak dan berjemur dengan bebas.Kandang diatas mampu menampung sekitar 15 sampai 20 ekor ayam kampung ukuran 1 kg an .Sebaiknya ayam sudah berumur 2 bulan untuk dimasukkan kedalam kandang jenis ini.

Pada bagian kandang belakang tempat berteduh dikasih tempat bertengger,serta tempat berjemur diatasnya bisa dibuka.Jika pada musim penghujan bagian sisinya ditutup menggunakan terpal atau kain agar ayam tidak kedinginan pada malam hari.

4.Tipe Kandang Ayam Kampung Sistem Umbaran



Kandang Ternak Ayam Kampung Umbaran

Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan dibelakang rumah anda untuk dijadikan kandang umbaran.Untuk membuat kandang ini anda harus membuat kandang keliling sekitar 2 meter agar ayam tidak bisa keluar.Selain itu anda harus sediakan tempat pakan dan minum,tempat bertengger dan kandang bertelur.Untuk kandang bertelur dibuat kotak  dengan ukuran P X L X T = 36 X 36 X 36 dan terletak diatas ketinggian kurang lebih 55 cm diatas permukaan tanah.

Demikianlah Kriteria dan 4 Tipe Kandang Ternak Ayam Kampung yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian semua yang ingin memelihara ayam tersebut.Pada intinya untuk masalah kandang harus disesuaikan dengan lahan yang anda punya dan jumlah ayam yang mau dipelihara.Semoga bermanfaat